Langsung ke konten utama

Ukuran Gejala Pusat Data Belum Dikelompokkan

4.1 Pengertian Ukuran Gejala Pusat

      Ukuran gejala pusat adalah  suatu ukuran yang digunakan untuk mengetahui kumpulan data mengenai sampel atau populasi yang di sajikan dalam bentuk tabel atau diagram .

4.2 Jenis-jenis ukuran gejala pusat dan tidak berkelompok 

1.) Rata-rata Hitung
Rata-rata hitung adalah nilai yang mewakili sekelompok data.
2.) Rata-rata Ukur/Geometri
Rata-rata Ukur/Geometri dari sejumlah N nilai data adalah akar pangkat N dari hasil kali masing-masing nilai dari kelompok tersebut.
3.) Rata-rata Harmonis
Rata-rata Harmonis adalah kebalikan rata-rata hitung dari kebalikan nilai-nilai data.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perulangan (Looping) dan Contoh Program Code Block C++

I. PERULANGAN


Perulangan atau yang sering disebut dengan “looping”, merupakan proses yang dilakukan secara berulang-ulang dalam batas yang telah ditentukan. Dengan menggunakan proses perulangan, penulisan kode program dapat menjadi lebih efisien.
Perintah atau notasi dalam struktur pengulangan adalah :
1. Pernyataan while 2. Pernyataan for 3. Pernyataan do..while -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 1. While Pernyataan While  Adalah bentuk perulangan yang  akan  dilakukan  selama  kondisi yang diminta terpenuhi atau bernilai benar. Bentuk umumnya : while(kondisi) {
statement;
} *Contoh program sederhana dari pernyataan While. Source Code : Hasil Output : -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 2.For Pernyataan for digunakan untuk menghasilkan pengulangan(looping) beberapa kali tanpa penggunaan kondisi apapun. Pada umumnya loopin…

Ukuran Variansi Dan Simpangan Baku

A.) Pengertian Ukuran Variasi
Merupakan ukuran penyebaran suatu kelompok data terhadap pusat data. B.) Jenis-jenis ukuran variasi (Dispersi)

1.) Jangkauan (Range)





2.) Simpangan Rata-rata (Mean Deviation).  Merupakan jumlah nilai mutlak dari selisih semua nilai dengan nilai rata-rata dibagi banyaknya data.
3.) Variansi dan Simpangan Baku (Variance dan Standard Deviation). Variansi merupakan rata-rata kuadrat selisih atau kuadrat simpangan dari semua nilai data terhadap rata-rata hitung dan Simpangan Baku Merupakan akar pangkat dua dari variasi.







































4. Jangkauan Kuartil Jangkauan Kuartil disebut juga simpangan kuartil atau rentang semi antar kuartil atau deviasi kuartil.

Ukuran Gejala Pusat Data Dikelompokkan

1.       Rata Rata Hitung
Rata-rata hitung adalah nilai yang mewakili sekelompok data.  2.       Median
Median adalah suatu ukuran pemusatan yang menempati posisi tengah jika data diurutkan menurut besarnya. 3.D         KUARTILPada prinsipnya, pengertian kuartil sama dengan median. Perbedaanya hanya terletak pada banyaknya pembagian kelompok data. Median membagi kelompok data atas 2 bagian, sedangkan kuartil membagi kelompok data atas 4 bagian yang sama besar, sehingga akan terdapat 3 kuartil yaitu kuartil ke-1, kuartil ke-2 dan kuartil ke-3, dimana kuartil ke-2 sama dengan median. Rumus :