Langsung ke konten utama

SEJARAH BAHASA PEMROGRAMAN C++

Halo! Pada artikel pertama ini kita akan membahas tentang SEJARAH BAHASA PEMROGRAMAN C++. Hal ini Penting untuk kalian agar bisa mengetahui sekaligus memahami tentang Pemrograman terutama Pemograman C++. Langsung saja mari kita simak Materi SEJARAH BAHASA PEMROGRAMAN C++. Cekidot!!!



Sejarah Bahasa Pemrograman C++



Sejarah Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman, atau biasah disebut dengan bahasa komputer / bahasa pemrograman komputer, merupakan instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini ialah sebuah himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer mampu menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data tersebut akan diteruskan/disimpan, dan jenis langkah apa yang akan dijalankan dalam berbagai macam keadaan (situasi).

Pada beberapa tahun, prinsip utama dari programmer komputer adalah menulis sebuah kode (pogram) yang sependek mungkin, dan dapat dijalankan (dieksekusi komputer) dengan cepat. Serta program yang dibuat harus berukuran kecil karena memori komputer saat itu sangat mahal, dan harus cepat sebab tenaga CPU (pemrosesesan) saat itu juga sangat mahal. Beberapa tahun kemudian setelah komputer menjadi semakin kecil, cepat, dan harga dari komputer serta komponennya semakin murah. prioritas membuat program berukuran kecil dan harus cepat di eksekusi pun berubah. Sekarang biaya tenaga programmer jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga komputer yang digunakan oleh programmer. Program yang ditulis dengan baik dan mudah ditangani adalah suatu yang bernilai tinggi. Mudah ditangani artinya adalah pada saat kebutuhan bisnis berubah, program dengan mudah dapat beradaptasi dan dikembangkan tanpa mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Karena jaman telah berubah dan kebutuhan teknologi semakin tinggi, banyak bahasa pemrograman yang berkeluaran dan menawarkan fitur-fitur dengan teknologi yang tinggi hal itu menjadi ciri khas dari suatu bahasa pemrograman. Bahasa Pemrograman C++ merupakan peluasan dari bahasa pemrograman sebelumnya yaitu bahasa pemrograman C yang memiliki fitur terbaik di jaman itu.

Sejarah Bahasa C

Bahasa C dikembangken di Bell Telephone Laboratories pada tahun 1972 ditulis pertama kali oleh Dennis Ritchie, kemudian dikembangkan oleh Dennis Ritchie dan Brian W. Kernighan, bahasa ini merupakan bahasa pengembangan / turunan dari bahasa B yang ditulis oleh Ken Thompson pada tahun 1970 yang diturunkan oleh bahasa sebelumnya, yaitu BCL. Bahasa C, pada awalnya dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dioperasikan pada sistem operasi UNIX. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah yaitu diantara bahasa tinggat rendah dan tingkat tinggi yang biasa disebut dengan Bahasa Tingkat Menengah.

Sejarah Bahasa Pemrograman C++
Pada tahun 1980 Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories awal tahun 1980-an berdasarkan C ANSI (American National Standard Institute). Pertama kali, prototype C++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan fasilitas kelas. Bahasa tersebut disebut C dengan kelas ( C wih class). Selama tahun 1983-1984, C dengan kelas disempurnakan dengan menambahkan fasilitas overloading operator dan fungsi yang mulanya disebut “a better C” kemudian berganti nama pada tahun 1983 menjadi C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C. Borland International merilis compiler Borland C++ dan Turbo C++. Kedua compiler ini sama-sama dapat digunakan untuk mengkompilasi kode C++. Bedanya, Borland C++ selain dapat digunakan dibawah lingkungan DOS, juga dapat digunakan untuk pemrograman Windows. Selain Borland International, beberapa perusahaan lain juga merilis compiler C++, seperti Topspeed C++ dan Zortech C++.
Awal mula Bjarne Stroustrup membuat membuat C++ adalah ketika Bjarne Stroustrup melakukan pekerjaan untuk gelar Ph.D. tesis. Salah satu bahasa dan Stroustrup memiliki kesempatan untuk bekerja dengan bahasa tersebut yang disebut Simula, yang seperti namanya yang merupakan bahasa untuk simulasi. The Simula 67 bahasa – yang merupakan varian bekerja dengan Stroustrup dan bahasa tersebut dianggap sebagai bahasa pertama untuk mendukung paradigma pemrograman berorientasi objek. Stroustrup menemukan bahwa paradigma ini sangat berguna untuk pengembangan perangkat lunak, namun bahasa Simula terlalu lambat untuk penggunaan praktis.
Pada tahun 1983, terjadi perubahan nama dari C dengan Kelas menjadi C++. makna dari ++ dalam bahasa C karena ++ merupakan operator untuk increment variabel, yaitu proses penambahan pada nilai variabel sebanyak 1. Dengan demikian C++ berarti C+1, nilai 1 disini melambangkan dukungan terhadap pemrograman berorientasi objek. demngan demikian C++ merupakan bahasa C yang ditambah dengan kemampuan atau dukungan terhadap pemrograman berorientasi objek. Sebab semua yang dapat kita lakukan dalam Bahasa C pasti bisa dilakukan didalam C++, namun hal tersebut tidak berlaku sebaliknya. Bebeapa fitur baru yang ditambahkan dalam C++ anatara lain fungsi virtual, fungsi overloading, reference dengan simbol "&", kata kunci "const", dan komentar pada satu baris tertentu menggunakan dua garis miring ke depan "//" (merupakan fitur yang diambil dari bahasa BCPL).

Pada tahun 1985, reference yang dikemukakan oleh Bjarne Stroustrup untuk bahasa berjudul "The C++ Programming Language" diterbitkan. Pada tahun yang sama, C++ digunakan sebagai produk komersial. Pada saat itu C++ belum secara resmi distandarkan. Kemudian C++ diperbarui lagi pada tahun 1989 untuk memasukkan protected dan static member, serta inheritance dari beberapa kelas.

Pada tahun 1990, The Annotated C++ Reference Manual dirilis. Pada tahun yang sama, Compiler Borland Turbo C++ dirilis sebagai produk komersial. Turbo C++ menambahkan banyak library tambahan yang memiliki dampak besar terhadap pengembangan C++. Meskipun rilis stabil terbaru dari Turbo C++ terjadi pada tahun 2006, namun compiler ini masih banyak digunakan.

Pada tahun 1998, panitia C ++ standar menerbitkan standar internasional pertama untuk C ++ ISO / IEC 14882: 1998. Yang akan menjadi informal dikenal sebagai C ++ 98 The Annotated C ++ Reference Manual merupakan pengaruh besar dalam standar pengembangan. The Standard Template Library, yang dimulai untuk pengembangan konseptual pada tahun 1979, juga termasuk. Pada tahun 2003, panitia menanggapi beberapa masalah yang dilaporkan dengan C++ Standar mereka pada tahun 1998, Bahasa berevolusi yang merupakan revisi masalah sebelumnya dan dijuluki C ++ 03.
Pada tahun 2005, panitia C ++ berstandar merilis laporan teknis (dijuluki TR1) merinci berbagai fitur mereka berencana untuk menambah C ++ standar terbaru. Standar baru itu secara informal dijuluki C ++ 0x seperti yang diharapkan akan dirilis sebelum akhir dekade pertama. Namun, ironisnya, standar baru tidak dirilis sampai pertengahan 2011. Beberapa laporan teknis yang dirilis hingga saat itu, dan beberapa kompiler mulai menambahkan dukungan eksperimental untuk fitur-fitur baru.
Pada pertengahan 2011, C ++ standar baru (dijuluki C ++ 11) selesai. The proyek perpustakaan Meningkat, membuat dampak yang besar terhadap standar baru, dan beberapa modul baru berasal langsung dari Boost perpustakaan. Beberapa fitur baru termasuk dukungan ekspresi regular merupakan sebuah perpustakaan pengacakan komprehensif, teori atom dukungan, perpustakaan threading standar (yang sampai 2011 baik C dan C ++) , fungsi baru untuk Loop sintaks menyediakan fungsionalitas mirip dengan Foreach Loop dalam bahasa tertentu lainnya, kata kunci Auto, class New Container, dukungan yang lebih baik untuk daftar Array Inisialisasi, dan Template Variadic.
C++ Standardization
TahunC++ StandarInformal Name
1998ISO/IEC 14882:1998C++98
2003ISO/IEC 14882:2003C++03
2011ISO/IEC 14882:2011C++11
2014ISO/IEC 14882:2014C++14
2017Akan DitentukanC++17
2020Akan DitentukanC++20
Sekian Artikel tentang SEJARAH BAHASA PEMROGRAMAN C++, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian untuk menambah ilmu kalian, maupun sekedar mendambah wawasan tentang Bahasa Pemrograman C++. Akhir kata, Selamat berkenalan dengan Bahasa C++.
Bahasa Pemrograman C++ itu Difahami bukan Dihafal 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMIRINGAN DAN KERUNCINGAN DATA

Kemiringan Distribusi Data Merupakan derajat atau ukuran dari ketidaksimetrisan (Asimetri) suatu distribusi data. Kemiringan distribusi data terdapat 3 jenis, yaitu : Simetris : menunjukkan letak nilai rata-rata hitung, median, dan modus berhimpit (berkisar di satu titik) Miring ke kanan : mempunyai nilai modus palingkecil dan rata-rata hitung paling besar Miring ke kiri : mempunyai nilai modus paling besar             dan rata-rata hitung paling kecil Grafik Distribusi kemiringan Rumus untuk menghitung derajat kemiringan distribusi data 1.) Pearson 2. Rumus Momen       Data Berkelompok APR 7 KEMIRINGAN DISTRIBUSI DATA Pengertian Kemiringan Distribusi Data   Kemiringan merupakan ukuran yang menyatakan derajat ketidak simetrisan suatu lengkungan halus (kurva) dari suatu distribusi frekuensi Kemiringan distribusi data ada tiga jenis: •       1. Simetri                 Simetris adalah  sebuah benda atau gambar yang

PENYAJIAN DATA

Penyajian data  merupakan salah satu kegiatan dalam pembuatan laporan hasil penelitan yang telah dilakukan agar dapat dipahami dan dianalisis sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Data yang disajikan harus sederhana dan jelas agar mudah dibaca. Penyajian data juga dimaksudkan agar para pengamat dapat dengan mudah memahami apa yang kita sajikan untuk selanjutnya dilakukan penilaian atau perbandingan, dan lain-lain.  Berikut ini adalah beberapa jenis tabel pada Penyajian Data : 1. Tabel 1 Arah Tabel satu arah adalah tabel yang memuat keterangan mengenai satu hal atau satu karakteristik saja. karakteristik yang ditunjukkan bisa berupa jumlah, frekuensi, ukuran, kadar/persentasi, dan lain sebagainya. Ini merupakan bentuk tabel yang paling sederhana dan paling mudah dibuat. berikut adalah tampilan tabel 1 arah:   2.Tabel 2 Arah Tabel dua arah adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara dua hal atau karakteristik. Misalnya data jumlah penduduk menurut umur

Cara Menghitung Nilai Akhir Siswa Dengan Menggunakan Code::Blocks

Hallo!!! Kali ini saya akan membahas tentang CARA MEMBUAT PROGRAM MENGHITUNG NILAI AKHIR di C++ dengan Code::Blocks. Mari kita langsung ke pembahasannya gaes Code sourcenya   Hasil Programnya 2. Menginput Data Menggunakan Code::Blocks Code Source Hasil Programnya Sekian dari saya, semoga bermanfaat ya gaes :)